laporan prakerin TKJ








Royal Blue-Orange







hasangunawan.blogspot.com




laporan prakerin

 


Home

Products

Services

Contact

About Us















welcome to my blog


 



Belajar tidak harus ada gurunta karna sekarang sudah ada guru yang serba ada dalam kondisi apapun, guru tersebut tidak lain adalah belajar melalui internet yang serba ada dan dapat diakses dari mana

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Praktek Kerja Indutri (Prakerin) adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.

1.2. Ruang Lingkup Masalah
Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini kami ditempatkan di kantor PT. computer network Distribusi Jawa Barat dan Bandung selama kurang lebih tiga bulan. Di tempat prakerin kami menemukan banyak pengalaman dan pelajaran yang kami temui, namun dengan motifasi yang tinggi kami dapat bekerja dengan baik dan menyelesaikannya, disamping bimbingan dari sekolah maupun dari instansi yang diberikan kepada kami. Maka laporan ini dapat terselesaikan dengan seadanya, dikarenakan keterbatasan pengetahuan dan pengalaman.
Hal-hal yang merupakan tugas atau kegiatan kami selama melaksanakan prakerin di perusahaan computer network Distribusi Jawa Barat dan Banten Cirebon, antar lain adalah:
1. Mengentry Monitoring Gangguan System Informasi Manajemen Gangguan (Simagang) yang terjadi pada aliran listrik.
2. Mengentry Beban Panel Tertinggi pada seluruh penyulang yang ada.
3. Mengentry Mutasi Aset System Instalasi Laporan Tehnik Bulanan (Silateb).
4. Membuat desain Konfigurasi Jaringan sel 20 kV dan Single Line Diagram 70/150 Kv dengan menggunakan Microsoft office visio.
5. Membuat buku Standart Operation Procedure (SOP).
6. Setiap hari selasa sore kami mengikuti kegiatan futsal dan setiap hari jumat pagi kami mengikuti kegiatan senam pagi bersama karyawan PT. Computer  network  Distribusi Jawa Barat dan Bandung. Kegiatan tersebut telah kami laksanakan dan dikerjakan setiap hari senin sampai hari jumat dengan sungguh-sungguh, disiplin waktu dan taat dalam melaksanakan prakerin di kantor PT. Computer network Distribusi Jawa Barat dan Bandung
1.3. Maksud dan Tujuan
Beberapa maksud dan tujuan Praktek Kerja Industri (Prakerin) adalah sebagai berikut:
1. Mamprkanalkan kepada siswa dunia usaha dan dunia industri.
2. Memberikan kebebasan kepada para siswa untuk mempraktekan keahlian yang telah dipelajari dan diterima dari sekolah dan dunia usaha maupun industri.
3. Melatih kemandirian siswa untuk bisa belajar sendiri tanpa didampingi oleh guru.
4. Menyiapkan siswa menjadi tenega kerja yang Produktif, Mandiri dan mempunyai daya saing yang tinggi.




1.4. Manfaat
Dapat mengenali suatu pekerjaan industri di lapangan, sehingga setelah selesai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan terjun ke lapangan kerja industri dapat memandang suatu pekerjaan yang tidak asing lagi baginya dan sudah mengenal dunia kerja. Dapat menambah keterampilan dan wawasan dalam dunia usaha yang Profesional dan Handal. Untuk mengasa keterampilan yang telah diberikan dari sekolah dan juga sesuai dengan VISI dan MISI sekolah SMK Negeri 2 Indramayu.











BAB II
TINJAUAN UMUM INSTITUSI PERUSAHAAN

2.1 Sejarah Singkat Perusahaan
            Sejarah perusahaan computer network yaitu pertama berdirinya perusahaan ini pada tahun 2000 yang di pimpin oleh bapak Prof. Dr.adyatma nugroho. Beliau mendirikan perusahaan ini atas dasar ingin meningkatkan perekonomian indonesia dan mengurangi tingkat pengangguran di indonesia.
            Perusahaan ini bekerja di bidang perawatan dan perbaikan komputer dan jual beli komputer, dan memiliki cabang-cabang di daerah tertentu misalnya di bandung, Jakarta, Cirebon, dan di Kalimantan.
2.2. Sarana Dan Prasarana
            2.2.1. Sarana              :
 a. Ruang direktur
                         b. Ruang pemograman
                         c. Ruang perakitan



2.2.2. Prasarana        :
                        - 10 buah pc
                        - Alat – alat perakitan
                        - Peralatan servis komputer
                        - Internet

2.3. Visi Dan Misi Perusahaan
            Visi      : Menjadikan perusahaan lebih maju dan berkembang dalam industri nasional maupun inter nasional.
            Misi     : a. Meningkatkan fasilitas yang digunakan
                          b. Miningkatkan kinerja karyawan
                          c. Berani bersaing dengan perusahaan lainnya.







2.4 Struktur Organisasi Institusi





















BAB III

MERAKIT PC INTEL CORE 2 DUO

3.1. Persiapan.
Pada dasarnya merakit PC itu cukup mudah, hanya saja dibutuhkan ke telitian saat mengerjakanya.. sehingga hasilnya cukup memuaskan diri kita. Komponen perakit komputer tersedia di pasaran dengan beragam pilihan kualitas dan harga. Dengan merakit sendiri komputer, kita dapat menentukan jenis komponen, kemampuan serta fasilitas dari komputer sesuai kebutuhan. Tahapan dalam perakitan komputer terdiri dari:
Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul.Hal yang terkait dalam persiapan meliputi: Prosessor lebih mudah dipasang sebelum motherboard menempati casing. Cara memasang prosessor jenis socket dan slot berbeda.Jenis socket.
1. Penentuan Konfigurasi Komputer
2. Persiapan Kompunen dan perlengkapan
3. Pengamanan



3.1.1. Penentuan Konfigurasi Komputer
Konfigurasi komputer berkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita.Penentuan komponen dimulai dari jenis prosessor, motherboard, lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda.

3.1.2. Persiapan Komponen dan Perlengkapan
Komponen komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan untuk perakitan dipersiapkan lebih dulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang disiapkan terdiri dari:
• Komponen komputer
• Kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut dan sebagainya
• Buku manual dan referensi dari komponen
• Alat bantu berupa obeng pipih dan philips Software sistem operasi, device driver     dan program aplikasi


Buku manual diperlukan sebagai rujukan untuk mengatahui diagram posisi dari elemen koneksi (konektor, port dan slot) dan elemen konfigurasi (jumper dan switch) beserta cara setting jumper dan switch yang sesuai untuk komputer yang dirakit.Diskette atau CD Software diperlukan untuk menginstall Sistem Operasi, device driver dari piranti, dan program aplikasi pada komputer yang selesai dirakit.

3.1.3. Pengamanan
Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan.Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara:
• Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing   sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.

• Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen.

3.2. Perakitan
3.2.1. Penyiapan Motherboard
Periksa buku manual motherboard untuk mengetahui posisi jumper untuk pengaturan CPU speed, speed multiplier dan tegangan masukan ke motherboard. Atur seting jumper sesuai petunjuk, kesalahan mengatur jumper tegangan dapat merusak prosessor.



3.2.2. Memasang Prosessor
      1. Tentukan posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan titik, segitiga atau lekukan.
      2. Tegakkan posisi tuas pengunci socket untuk membuka.
    3. Masukkan prosessor ke socket dengan lebih dulu menyelaraskan posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang socket. rapatkan hingga tidak terdapat celah antara prosessor dengan socket.
      4. Turunkan kembali tuas pengunci. Jenis Slot.
    5. Pasang penyangga (bracket) pada dua ujung slot di motherboard sehingga posisi lubang pasak bertemu dengan lubang di motherboard.








      3.2. Temuan Masalah
       3.2.1. Permasalahan pada tampilan
Permasalahan pada monitor
Analisa & solusi :
1. Lihat lampuindikator
2. Cek pengatur brightnes dan contrast
3. Lihat tampilan self test pada layar
4. Perikasa kabel power pada monitor
5. Perikasa hubungan kabel kabel data pada port video out dan display adapter
Penyebab lain :
1. Kerusakan kartu display adapter (bunyi normal : bip … & bunyi ada masalah : biip…bip…bip…bip)
2. Memori / RAM
o Permasalahan display adapter :
Analisa & solusi :
1. Cek perangkat keras dan lunak display adapter
2. Pengaturan resolusi display adapter dengan cara restart pada safe mode dengan tekan F8, klik kanan desktop pilih properties dan pilih tab setting. Pada tab setting turunkan resolusi display dan pilih apply – OK.
Penyebab lain :
1. Kerusakan pada operating system dan perangkat keras (hardware itu sendiri)
Permasalahan pada Hard Disk Drive.

3.2.2. Hard disk tidak dikenal
Analisa & solusi :
1. Cek hubungan kabel data dan power pada hardisk
2. Cek pada konfigurasi BIOS / CMOS setup (pilih auto detection untuk kemudahan)
Penyebab lain :
1. IDE controller rusak
o Tidak bisa boot dari hard disk
Analisa & solusi :
1. Jika ada pesan HDD controller failure maka bisa hardisk tidak dikenali bisa mencoba cek kabel data dan konfigurasi BIOS.
2. Jika pesan Missing operating system maka setup BIOS berubah atau sistem operasi hilang /terformat. Untuk mengatasi hal ini bisa bisa partisi ulang dan install OS ulang.
3. Jika pesan yang tampil Bad or Missing command interpreter maka bisa mencoba boot dari.







Home l
Produk l Layanan l
Kontak l Tentang Kami l
Newsletter


Copyright 2011
hasangunawan23.blogspot.com.
Semua Hak Dilindungi.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar